Bumdes di Kutim Aktif Jalankan Program Kerja

Samarinda, Sketsa.id – Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes rupanya membuahkan hasil. Dari ratusan bumdes yang ikut, 75 persen diantaranya tergolong aktif dan sehat. Hal itu disampaikan langsung Kepala DPMD Kutim, Yuriansyah.

“Selain aktif, 75 persen Bumdes itu bisa dikatakan sehat. Terutama dalam menjalankan program kerja masing-masing,” jelasnya.Arti kata sehat yang dimaksud adalah memiliki badan hukum. Termasuk mempunyai unit-unit usaha dan lain sebagainya. Sehingga Bumdes yang dimaksud dianggap produktif.
“Apalagi mampu menghasilkan atau berkontribusi terhadap pendapatan asli desa (PADes),” katanya.

Selain itu, dipastikannya sebagian Bumdes yang ada di kabupaten ini sudah mandiri dan maju. Salah satunya, yakni Bumdes di Desa Tepian Langsat, Kecamatan Bengalon, yang dipimpin Kepala Desa (Kades) Zeky Hamzah.

“Bumdes ini (Bumdes Tepian Langsat) harus diapresiasi. Kami menganggapnya sudah berhasil. Pengurus dan kades harus diberikan apresiasi, karena melaksanakan tanggung jawab dengan baik,” ungkapnya.

Dia pun berharap, apa yang diraih Bumdes Tepian Langsat bisa ditiru Bumdes lainnya yang ada di Kutim. Dengan meniru setiap langkah yang sudah dilakukan.
“Sehingga semua Bumdes bisa tumbuh dan mampu bersaing. Ini untuk kesejahteraan,” tutupnya. (adv/pa/Kutai Timur)