Kepengurusan Bumdes Harus Terus Ditingkatkan melalui Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan

Samarinda, Sketsa.id – Perekonomian di desa tidak bisa lepas dari kualitas dan kapasitas Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes. Untuk terus meningkatkan kualitas tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar bimtek penyusunan laporan keuangan. Bimtek ini dihadiri 160 peserta dari 80 Bumdes aktif di Kutim.

Bimtek ini berlangsung selama tiga hari, dan digelar di Hotel Harris Samarinda. Kepala DPMD Kutim Yuriansyah memastikan, pihaknya akan melakukan evaluasi setelah rangkaian bimtek selesai digelar.

“Ada Pre-Test dan Post-Test. Agar mengetahui berapa persen peserta yang mampu menyerap ilmu dari narasumber,” katanya.

Kendati demikian, ia berharap hasil bimtek sesuai dengan apa yang diharapkan. Ya, kapasitas ketua dan bendahara Bumdes dapat meningkat untuk urusan penyusunan pelaporan keuangan.

“Hasilnya akan dilihat berdasarkan evaluasi nanti. Kalau memang masih kurang, kami akan kembali memberikan bimtek lanjutan. Sampai mereka benar-benar mendapatkan ilmu,” ungkapnya.

Sehingga dalam pengelolaan masing-masing Bumdes bisa mandiri dan maju. Mengingat jika Bumdes mandiri dan maju, maka desa juga akan menerima dampak positif.
“Saya harap peserta bisa memahami tugas dan fungsi sebagai pengurus Bumdes. Dapat memajukan Bumdes masing-masing dan bisa bersaing,” harapnya.

Sebab Bumdes dituntut untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan ekonomi. Sehingga terjadi peningkatan terhadap perekonomian di desa.
(adv/pa/Kutai Timur)