Andi Harun Kembali Maju di Pilwali Samarinda

Samarinda, Sketsa.id –  Jelang Pilkada 2024, desas desus pencalonan pun makin santer terdengar, seperti halnya Andi Harun. Menanggapi berita tersebut, Andi Harun menegaskan bahwa dirinya akan mencalonkan kembali sebagai Wali Kota Samarinda melalui partai politik, Partai Gerindra.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung usai menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) Partai Gerindra Provinsi Kaltim yang berlangsung di Hotel Bumi Senyiur, pada Minggu (12/05/2024).
Pada kesempatan itu, Andi Harun mengungkapkan bahwa keputusannya tersebut telah melalui diskusi dengan orang-orang terdekatnya.

“Saya ingin sampaikan kepada teman-teman jurnalis bahwa saya sudah memutuskan untuk tetap mencalonkan diri di Pilkada Samarinda dan tidak akan mencalonkan diri sebagai Gubernur. Maka saya sudah menjawab pertanyaan yang sudah lama ditanyakan oleh teman-teman jurnalis di hari ini,” tegasnya.

Andi Harun juga mengingatkan bahwa dalam berpolitik harus memiliki kesabaran, karena didirnya juga harus mempertimbangkan segala aspek terutama izin dari keluarga dan rekan. Keinginan masyarakat kota Samarinda yang menginginkannya untuk tetap memimpin juga menjadi salah satu faktor penting dalam pertimbangan.

“Dalam berpolitik, butuh kesabaran. Tidak perlu tergesa-gesa mengambil jabatan sebagai Gubernur Kalimantan Timur. Masyarakat Kota Samarinda pun belum siap melepas saya sebagai Wali Kota, seperti yang ditunjukkan oleh survei yang menunjukkan 88,6% menginginkan saya tetap di Samarinda,” ungkapnya.

Pria yang disapa AH itu juga menjelaskan bahwa meskipun dirinya menerima dukungan dari masyarakat yang mengumpulkan KTP untuk jalur perseorangan,namun prioritasnya tetap pada jalur partai politik.

“Partai Gerindra telah berkolaborasi dengan partai lain, namun masyarakat telah bersusah payah mengumpulkan KTP untuk jalur perseorangan. Ini juga kami daftarkan sebagai alternatif terakhir, tapi jalur utamanya yang akan saya pakai adalah tetap jalur partai politik,” katanya.

Hingga saat ini, Andi Harun mengakui belum melihat secara langsung dukungan fisik dari masyarakat Samarinda yang telah mengumpulkan KTP, meskipun jumlahnya telah mencapai batas minimun dari ketentuan KPU . Meski begitu, Andi Harun tetap optimis partainya siap membantunya untuk maju melalui jalur politik, dan membantah adanya perpecahan di Partai Gerindra. (pa)