Kembangkan Pertanian, Pj Gubernur Kaltim bersama Politani Samarinda Perdana Menggelar Panen Tanaman Organik

Samarinda, Sketsa.id – Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Samaringa melakukan Panen Awal Plot Percontohan Tanaman Organik yg dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur Akmal Malik, pada Rabu ( 12/06/2024)

Dalam panen awal tanaman organik ini, Pj Gubernur Akmal Malik didampingi Direktur Politani Samarinda Hamka, Kepala Dinas PTPH Kaltim Siti Farisya Yana, Kepala Biro Adpim Syarifah Alawaiyah, perwakilan Brida Kaltim, Wakil Direktur II Polnes Karyo Budi Utomo, Lurah Gunung Panjang Laily Hidayati, beserta jajaran Politani Samarinda.

Pj Gubernur Akmal mengungkapkan bahwa Kaltim sudah diberikan sumber daya alam yang didukung sumber daya manusia bagus. Namun persoalanny,a belum ada orkestrasi dan sinergi dari segala potensi pertanian di Kaltim.

“Namun saat ini ada ngga orkestrasinya, ada ngga langkah-langkah riilnya untuk bergerak. Perencanaan terbaik itu adalah dilaksanakan. Tanam saja, pastikan kita semua bekerja,” tegas Akmal Malik dalam sambutannya sebelum memanen tomat, terong dan cabai, serta menanam bibit pohon Durian Musang King di plot percontohan tanaman organik Politani Samarinda.

Pada kesempatan ini, Pj Gubernur Akmal Malik menantang Direktur Politani Samarinda bersama mahasiswa mahasiswi untuk bertani di lahan eks tambang batubara. Dengan memanfaatkan lahan eks tambang untuk pertanian dalam arti luas.

“Tantangan pertama saya berikan kepada Direktur Politani Samarinda tiga bulan lalu, dan sekarang sudah dilaksanakan, sudah di panen. Bagus. Untuk tantangan kedua, saya ingin mahasiswa mahasiswi bertani di lahan eks tambang. Kita cari lahannya, kalau sudah siap, bulan September nanti kita mulai,” ucap Akmal Malik.

“Harus dimulai dari kita, mahasiswa Politani sebagai kader-kader pertanian di Kaltim, Bertanilah dengan cara yang cerdas, bertanilah dengan memanfaatkan teknologi pertanian modern,” pungkas Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini.

Sebelumnya, Direktur Politani Samarinda, Hamka, menjelaskan luas lahan Kampus Politani Samarinda kurang lebih 30 hektare yang merupakan pemberian dari Pemprov Kaltim, sudah disertifikatkan dan dikelola dengan baik. Dari jumlah tersebut ada sekitar 4 hektare yang akan dijadikan agrowisata, yang dapat diakses oleh masyarakat untuk melihat keindahan pertanian dalam arti luas.

(*)