Festival Mahakam Digelar Dengan Promes Ketat

IMG-20211008-WA0004
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Event tahunan dari Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Samarinda aka kembali digelar diakhir tahun 2021. Segala persiapan mulai dilakuka sejak jauh-jauh hari, termasuk mempersentasikan konsep pelaksanaan kegiatan kepada Wali Kota Samarinda, Andi Harun pada, Rabu (6/10/2021).
I Gusti Ayu Sulistiani selaku Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda kepada media usai melakukan pertemuan mengatakan bahwa Festival Mahakam akan diramaikan dengan 15 kegiatan. Namun karena pandemi Covid-19 belum berakhir maka Dispar melakukan beberapa penyesuaian.
“Yang namanya festival mahakam kan identik dengan pesta rakyat. Sekarang, tetap kita laksanakan dengan menyesuaikan kondisi saat ini. Jadi mungkin seperti sebelumnya,” ucapnya.
Disebutkan Ayu, jika ada beberapa kegiatan yang ditiadakan pada Festival Mahakam sebelumnya seperti lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam, lomba perahu naga dan konser musik. Alasan ketiga kegiatan tersebut ditiadakan adalah karena berpotensi mengundang kerumunan massa.
Festival Mahakam 2021 itu juga menurut Ayu akan dilaksanakan secara tatap muka dan secara virtual. Salah satu lomba yang dilakukan secara tatap muka adalah lomba tari. Sementara untuk lomba videografi, lomba fotografi dan tik tok dilakukan secara virtual.

Untuk konsep sendiri, Ayu mengakui jika pihaknya mendapatkan arahan dari Wali Kota Samarinda. Yang mana Wali Kota Andi Harun menginginkan konsepnya bergerak ke arah nasionalisme dan tidak hanya melingkupi dari tema Kota Samarinda saja.
“Sesuai apa yang diarahkan pak Wali Kota konsepnya sendiri mengarah ke nasionalisme. Tidak hanya lingkup Samarinda. Beliau mengarahkan saya seperti itu, ucapnya.
Ayu sendiri memastikan Fastival Mahakam 2021 akan dilakukan ditempat tertentu yang tidak terbuka. Walaupun dilakukan ditempat terbuka Dispar Kota Samarinda etqp mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Selain itu, Festival Mahakam juga hanya bisa dilihat oleh par undangan saja. Sementara masyarakat umum hanya mampu melihat rangkaian Festival Mahakam melalui media sosial Dispar.
Persentase persiapan Festival Mahakam 2021 itu juga disebutkan Ayu saat ini telah mencapai 80 persen.
“Kira-kira mungkin kita ini sudah 80 persen. Tinggal nanti menyempurnakan sesuai dengan arahan wali kota,” pungkasnya.
Sebagai informasi Festival Mahakam 2021 rencananya akan dilaksanaka selama tiga hari, dimulai tanggal 5 hingga 7 November 2021.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Related Posts

No Content Available

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *