Para Pelancong Bersiap, Festival 3 Danau Akan Digelar pertengahan September Ini

IMG_20210909_162424
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Samarinda, SKETSA.ID – Pandemi di Bumi Pertiwi memang belum berakhir. Selain mengancam ratusan juta jiwa penduduk di Indonesia. Penyebaran Covid-19 juga, membuat jalannya industri wisata Nusantara terseok-seok.

Ratusan bahkan ribuan pekerja di bidang sektor wisata banyak dirumahkan. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terus berganti nama, tak juga memberi kepastian, terhadap masa depan wisata di Indonesia.

Sadar akan hal tersebut, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berencana menggelar festival tiga danau pada pertengahan September 2021 ini. Event tersebut, rencananya digelar secara virtual. Yang mana, para pesertanya akan diajak mengenal potensi yang terdapat di daerah perhuluan Kabupaten Kutai Kartanegara – Kutai Barat.

“Ada tiga danau yang kami promosikan. Danau Jempang, Semayang dan Melintang,” tutur Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Sri Wahyuni, Kamis 9 September 2021.

Festival Tiga Danau yang bakal digelar pada 17-19 September mendatang itu, dikatakan Sri, teradopsi dari program yang dicanangkan oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor.

“Festival virtual ini nantinya bisa disaksikan melalui YouTube Paradise of The East dan Fanspage Dinas Pariwisata Kaltim. Dimulai dari pukul 15.30 Wita – 18.00 Wita,” sebutnya.

Sambil mengajak awak media dan beberapa Influencer menyusuri Sungai Mahakam dengan kapal wisata Pesut Bentong. Sri Wahyuni, banyak menjelaskan mengenai potensi keparwisataan yang dimiliki Kaltim.

Ia mengatakan, daya tarik wisata yang dimiliki Kaltim, banyak menarik perhatian wisatawan mancanegara (wisman) asal Eropa. Hal tersebut, diketahui Sri setelah pihaknya melakukan survei ke para pemandu wisata terkait pangsa pasar destinasi yang paling diminati di Benua Etam.

“Mereka  (wisman) masih mau datang. Alasan utamanya, karena alam yang dimiliki Kaltim,” ungkapnya.

Ia berharap, terbitnya sejumlah pelonggaran atas kebijakan PPKM oleh pemerintah. Dan pihak pengelola wisata yang mengantongi sertifikat Cleanliness, Health, Safety dan Environment (CHSE), menjadi momentum bangkitnya industry wisata di Kaltim.

“Saat ini, ada 154 pengelola wisata yang mengantongi sertifikat CHSE. Itu termasuk perhotelan, taman hiburan hingga transportasi wisata,” terangnya.

“Semoga vaksinasi yang dilakukan pemerintah ke depan lebih masif lagi. Sehingga, tidak hanya pengunjung saja yang terlindungi dari Covid-19. Tapi pengelola wisatanya juga,” sambungnya.

Di kesempatan yang sama, Dinas Pariwisata Kaltim juga dikatakan Sri, sengaja melibatkan tiga orang influencer untuk turut mempromosikan Festival Tiga Danau mendatang. Mereka adalah, Rinanda Maharani, Catur Palinggi, dan Iqsan. Perjalanan bertajuk Explore to Inspire itu juga akan ditayangkan saat Festival Tiga Danau mendatang dimulai. (Oct)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Related Posts

No Content Available

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Add New Playlist

Add New Playlist