Upaya Pelestarian Budaya, Festival Mahakam Hadirkan Lomba Tari Tingkat Sekolah Dasar

PSX_20211108_115115
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Samarinda, SKETSA.ID – Upaya pelestarian budaya dapat dilakukan dengan banyak cara mulai dari pentas seni hingga dunia perfilman, namun satu hal yang penting adalah mengenalkan kesenian dan budaya pada generasi baru sejak Deni. Hal itulah yang menggugah dinas Pariwisata kota Samarinda, memasukan agenda lomba tari tingkat Sekolah Dasar (SD) pada momen Festival Mahakam 2021.

Meski di tengah suasana pandemi dan menerapkan protokol kesehatan ketat, lomba tari yang digelar di salah satu mall terbesar di Samarinda ini diikuti oleh siswa dari sejumlah sekolah dasar di kota Samarinda, dengan sangat antusias. Kepala dinas Pariwisata Samarinda I Gusti Ayu Sulistiani mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda untuk melestarikan tradisi budaya pada generasi baru sejak usia dini.

“Ini salah satu upaya Pemkot Samarinda, untuk bagaimana melestarikan tradisi budaya, khususnya seni budaya di Kalimantan Timur. Jadi kita mulai dari anak-anak ini,” jelasnya.

Dari kegiatan tersebut, Ayu sapaan akrab kepala dinas Pariwisata Samarinda, berharap dapat menjaring “bibit unggul” atau anak yang berbakat menggeluti bidang tari tradisional supaya dapat dilakukan pembinaan agar lebih berkembang.

Ayu juga menyebut, jika saja kondisinya memungkinkan atau tidak di tengah pandemi seperti saat ini, pihaknya akan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi anak untuk mengikuti kegiatan ini, namun pada kondisi saat ini mau tidak mau penyelenggara harus membatasi jumlah peserta.

“Kalau saja suasananya memungkinkan, kita akan buka seluas-luasnya supaya memberikan kesempatan yang lebih banyak untuk anak-anak untuk menggali potensi mereka,” sebut Ayu

Labih jauh, Ayu berharap kegiatan ini tidak sebatas perlombaan semata, namun juga ajang untuk menumbuhkan kecintaan anak pada seni budaya sejak dini, sehingga kelestarian seni budaya tetap terjaga eksistensinya dan tidak tergerus zaman.

“Tidak sekedar melestarikan tapi juga cinta terhadap budaya, tentunya dengan cara mereka yang bisa terlibat aktif mempelajari tari kreasi daerah,” tutupnya.

Pemenang dari lomba tari kreasi daerah tingkat SD ini dimulai dari juara harapan 3, yang diraih oleh SDN 004 Samarinda, dilanjutkan SDN 027 Samarinda Ulu sebagai juara harapan 2, lalu SDN 007 Sungai Pinang sebagai juara harapan 1.

Lebih lanjut, SDN 001 Sungai Kunjang sebagai peraih juara 3, SDN 013 sebagai peraih juara 2, dan SDN 002 Samarinda Kota sebagai peraih juara 1. (*)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *