Tenggarong, Sketsa.id – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menciptakan dua terobosan baru di Mal Pelayanan Publik (MPP), yakni Drive Thru dan Pelayanan Online Dengan Sistem Elektronik Berbasis Jaringan (PELONGSENG).
Dua terobosan baru ini merupakan inovasi DPMPTSP Kukar untuk terus berupaya memberikan pelayanan yang lebih mudah bagi masyarakat. Kepala DPMPTSP Kukar, Alfain Noor menjelaskan, layanan Drive Thru dirancang untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengurus berbagai kebutuhan administratif.
“Masyarakat bisa mengakses layanan ini tanpa harus turun dari kendaraan mereka, sehingga waktu yang diperlukan untuk mengurus berbagai dokumen dapat diminimalkan. Ini termasuk pengurusan nomor induk berusaha dan layanan lainnya,” jelasnya.
Sementara itu, layanan PELONGSENG dirancang untuk memperlancar dan mempermudah proses perizinan. Semua inovasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan efisiensi dalam layanan kepada masyarakat.
Alfian Noor menekankan, sosialisasi terkait layanan MPP Kukar merupakan salah satu tantangan yang harus selalu pihaknya kembangkan. Upaya sosialisasi dilakukan untuk memastikan bahwa masyarakat mengetahui keberadaan MPP Kukar dan dapat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan administratif, tanpa harus melakukan perjalanan jauh ke berbagai instansi pemerintah.
“Langkah-langkah ini kami harapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Kukar,” harap Alfian Noor. (Adv/Pa/Diskominfo Kukar)